Kamis, 13 Oktober 2011

PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA DUNIA BISNIS

Nama : Ryan Anugrah
Kelas : 3DB21
NPM : 33109271



Berikut pengertian-pengertian mengenai sistem informasi akuntansi(SIA) :

Menurut Wilkinson (1991), Sistem informasi akuntansi (SIA) merupakan suatu kerangka pengkordinasian sumber daya (data, meterials, equipment, suppliers, personal, and funds) untuk mengkonversi input berupa data ekonomik menjadi keluaran berupa informasi keuangan yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan suatu entitas dan menyediakan informasi akuntansi bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

Menurut Gelinas, Orams, dan Wiggins (1997), Mendefinisikan sistem informasi akuntansi (SIA) sebagai subsistem khusus dari sistem informasi manajemen yang tujuannya adalah menghimpun, memproses dan melaporkan informasi yang berkaitan dengan transaksi keuangan.

Jadi intinya Sistem informasi Akutansi adalah pengolahan data, sedangkan data yang diolah disini maksudnya adalah data yang bersifat keuangan.

Pada tugas kali ini saya berkesempatan mewawancarai warung rokok di dekat rumah, bisa juga dibilang warung kopi. Menurut saya warung kepunyaan saudara Alam ini telah menerapkan SIA pada proses transaksi atau jual-belinya. Pemilik warung mencatat semua transaksi yang dilakukan dalam jangka waktu per hari menggunakan kertas bekas bungkus rokok, kemudian setiap malam total pengeluaran dan pemasukan dimasukkan ke buku transaksi.

Ini dilakukan terus menerus selama seminggu, kemudian akan ditotal seluruhnya baru hasil yg didapat akan dibagi-bagi untuk sewa tempat, biaya listrik, belanja bahan minggu depan dan gaji. Saudara alam mengajak adiknya dalam usaha ini, mereka bergantian menjaga warung, biasanya adiknya dari pagi sampai sore dan alam jaga shift malamnya.

Hampir semua transaksi dicatat oleh saudara alam, saya mencatat ada 3 golongan transaksi yamg terjadi setiap hari transaksinya antara lain meliputi:

- Transaksi dengan pembeli langsung seperti rokok, mie rebus, bubur kacang ijo, aneka minuman, jamu dll.

- Transaksi dengan pihak ketiga (dalam hal ini kerja sama) seperti penyewa tempat, bayar listrik, tukang es batu, agen rokok, telor, jamu instan, mie instan, krupuk sampai penjual kacang hijau. Hampir semua transaksi di bagian ini terjadi seminggu sekali kecuali sewa tempat dan biaya listrik yang dilakukan tiap bulan sekali.

- Transaksi lain-lain seperti pembayaran gaji, ongkos transport belanja ke pasar, sampai biaya sembako untuk memenuhi kebutuhan alam dan adiknya setiap hari di warung.

Kesimpulan : Menurut saya apa yang dilakukan saudara alam merupakan contoh SIA sederhana dalam dunia bisnis. Alam mengumpulkan data transaksi tiap hari, kemudian dikumpulkan lalu diproses/dijumlah setiap minggunya untuk mengetahui jumlah laba& perputaran uang dalam usahanya.

-http://blog.re.or.id/definisi-sistem-informasi-akuntansi.htm


Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi. Akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah sistem informasi. Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain :

    Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
    Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
    Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.

Subsistem SIA memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi nonkeuangan yang secara langsung memengaruhi pemrosesan transaksi keuangan.

SIA terdiri dari 3 subsistem:

    Sistem pemrosesan transaksi

mendukung proses operasi bisnis harian.

    Sistem buku besar/ pelaporan keuangan

menghasilkan laporan keuangan, seperti laporan laba/rugi, neraca, arus kas, pengembalian pajak.

    Sistem pelaporan manajemen

yang menyediakan pihak manajemen internal berbagai laporan keuangan bertujuan khusus serta informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan, seperti anggaran, laporan kinerja, serta laporan pertanggungjawaban.
[sunting] Sistem Informasi Manajemen

Sistem Informasi Manajemen memproses berbagai transaksi non-keuangan yang tidak bisa diproses oleh SIA biasa. tapi bagaimana juga sistem juga di lakukan dengan kerja bersama time...dengan mendukung semua ide dari masing2 group yang melakukan kerja dilapangan.....dan bagaimana kita memberikan semangat yang tinggi buat karyawan....perusahaan
[sunting] Cara Kerja

Untuk memahami bagaimana SIA bekerja, perlu untuk menjawab beberapa pertanyaan sebagai berikut :

    Bagaimana mengoleksi data yang berkaitan dengan aktivitas dan transaksi organisasi?
    Bagaimana mentransformasi data kedalam informasi sehingga manajemen dapat menggunakan untuk menjalankan organisasi?
    Bagaimana menjamin ketersediaan, keandalan, keakuratan informasi ?

[sunting] Manfaat

Sebuah SIA menambah nilai dengan cara:

    Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
    Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
    Meningkatkan efisiensi
    Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
    Meningkatkan sharing knowledge
    menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_akuntansi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar